Teknologi internet sudah memberikan kemudahan pada manusia, bahkan sebagian penggunanya juga bergantung pada internet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kerja dari mana saja bisa dimungkinkan berkat internet. Tentunya tidak untuk semua jenis pekerjaan. Yang paling dimudahkan adalah mereka yang bekeja di bidang media informasi.

Tempat yang cukup sering menjadi tempat tinggal kedua, dan sekaligus kantor, adalah mobil.

Mobil yang fungsi utamanya sebagai pengangkut ini sudah bertambah fungsi, yakni sebagai tempat tidur, tempat makan, tempat kerja, bahkan tempat kehidupan lainnya.

Bekerja dari mobil sudah menjadi hal biasa dilakukan sebagian orang.

by http://www.rinspeed.eu/

Nah, agar bisa bekerja dengan lancar dan produktif, apa saja yang harus disiapkan? Mari kita ulik di sajian santai kali ini.

1. TENAGA LISTRIK

Alat utama dalam bekerja terutama di bidang informasi adalah komputer/laptop, smartphone/tablet, dan alat-alat pendukung, misalnya printer atau scanner. Alat-alat ini jelas membutuhkan daya listrik.

Baterai ponsel bisa bertahan seharian, namun jika dipakai terus menerus, mungkin setengah hari sudah low-bat. Begitu juga laptop yang tentunya jauh lebih cepat low-bat dibanding ponsel.

Solusinya adalah INVERTER. Cari inverter DC-AC yang memungkinkan kita untuk charging laptop dengan besaran watt 100-200 watt. Untuk ponsel, alternatifnya bisa juga dengan menggunakan power bank.

2. KONEKSI INTERNET

Cara termudah tentunya dengan menggunakan WiFi Tethering dari smartphone jika kita ingin pakai internet di laptop misalnya.

Cara lainnya, pakai WiFi Router mandiri yang pakai baterai, atau, cari saja area yang tersedia jaringan WiFi gratis, walaupun menurut saya, agak susah ya di Indonesia. Misal ada, biasanya kurang cepat koneksinya, lelet.

Harga paket internet di Indonesia untungnya sudah terbilang terjangkau, dengan kualitas yang cukup bisa diandalkan. Jadi, ya, pakai WiFi tethering saja, praktis.

Untuk jaga-jaga, mungkin lebih baik agar kita punya ponsel khusus untuk ini, yang murah saja, yang penting punya jaringan 4G LTE dan dari merk yang kredibel.

3. MEJA/ Tempat Bekerja

Saya pernah melihat berita seorang pejabat yang memasukkan meja dari bahan multiplek ke dalam mobil, di kursi penumpang belakang, itu lame sekali menurut saya.

Kenapa? Karena malah membut tidak nyaman karena terlalu sempit.

Pakai saja meja yang lebih praktis dengan desain yang disesuaikan untuk mobil. Jika mau kerja di baris depan mobil, bisa pakai meja kecil dicangkolkan ke setir mobil.

Untuk di kursi penumpang depan, bisa pakai meja paha (lap desk), atau gunakan Laptop Stand, atau meja yang menggunakan dudukan besi dipasang pada baut kursi. Atau kalau mau yang sekaligus, buat saja meja besar yang menyesuaikan area di kursi penumpang depan.

Untuk di kursi belakang, bisa pakai meja yang dipasang pada kursi baris pertama, tak perlu besar-besar, yang penting cukup. Dan gunakan bahan ringan namun kuat, termasuk bahan plastik misalnya.

4. TETAP BUGAR

Jangan lupa untuk menjaga tubuh agar tak dehidrasi, minum secukupnya, makan secukupnya. Di Indonesia untungnya mudah sekali ya untuk cari tempat makan.

Lalu yang penting juga, jangan berdiam di mobil dengan mesin menyala terlalu lama. Sering-sering buka jendela agar udara segar bisa masuk dan terhindar dari keracunan karbon monoksida di mobil.

Lebih baik lagi, matikan saja mesin mobil dan cari tempat parkir yang teduh. lalu buka kaca atau pintu mobil.

5. KEAMANAN

Pencurian laptop atau barang berharga di mobil, sudah sangat sering terjadi. Karena itu, waspadalah!

Bawa barang berharga saat meninggalkan mobil meski hanya ke toilet misalnya. Kalau dirasa terlalu merepotkan, maka bisa juga pasang kunci laptop (Kensington Lock) dikaitkan ke bagian mobil yang kuat, misalnya setir atau kaki kursi.

6. KENYAMANAN

Usahakan selalu agar mobil selalu bersih dan wangi. Jika banyak barang, tata agar rapih.

Posisikan barang dan peralatan kerja dengan baik sesuai preferensi masing-masing. Manfaatkan fitur-fitur mobil dengan maksimal demi menunjang aktivitas kita, misalnya fitur hiburan di mobil untuk refreshing.

Bekerja di mobil bukanlah sesuatu yang baru, di luar sana sudah sangat banyak yang bekerja off the grid atau dari mana saja. Asalkan kebutuhan-kebutuhan dasar terpenuhi, pada dasarnya kita bisa bekerja dari mana saja, tentunya tidak untuk semua jenis pekerjaan. Selamat berkreasi..

LEAVE A REPLY