Di film 3 Idiot, saya ingat ketika si dosen bertanya, apa itu “Machine”?

Kemudian dijawab oleh Rancho yang diperankan oleh Aamir Khan, bahwa Machine adalah segala sesuatu yang memudahkan kehidupan manusia, lalu dicontohkan bahwa resleting celana juga merupakan machine karena bisa memudahkan kita melepas dan memakai celana dengan proper. (diteruskan oleh adegan ketika Rancho diusir dari kelas).

Machine, adalah salah satu bentuk perwujudan dari teknologi. Lalu, apa sih teknologi itu sendiri?

Pada Wikipedia Indonesia, disebutkan bahwa teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sedangkan di Wikipedia English, lebih detail lagi, teknologi diartikan sebagai kumpulan teknik, kemampuan, metode, serta proses, yang digunakan untuk menghasilkan barang-barang dan jasa, atau untuk mencapai sebuah tujuan seperti percobaan ilmiah. Teknologi bisa juga merupakan pengetahuan akan teknik dan proses mengoperasikan mesin tanpa benar-benar tahu secara detail bagaimana mesin tsb bekerja.

Ya, intinya sama dengan yang dikatakan oleh si Rancho bahwa apapun yang bertujuan untuk memudahkan hidup manusia, bisa disebut teknologi. Alat-alat yang bisa bekerja, baik dioperasikan secara manual ataupun otomatis, disebut Machine.

Dari situlah kenapa blog.justmuha.com ini bertemakan BLOG TEKNOLOGI, karena memang saya sangat suka dengan barang-barang hasil perkembangan teknologi manusia.

Dan ketika saya bicara teknologi, maka tidak melulu tentang smartphone android, iPhone, Macbook, atau barang-barang komputasi lainnya, melaikan semua barang dan alat yang memudahkan hidup manusia pun masuk, seperti misalnya; mobil, motor, sepeda ontel, sepeda listrik, dinamo, penghasil daya, blender, mesin ketik, dan mungkin ribuan lainnya. Dan oh iya, mungkin termasuk resleting juga ya 😀

Apa itu teknologi

Lalu, kapan alat teknologi itu pertama kali dilahirkan?

Ini menurut saya, kembali pada kepercayaan masing-masing. Bagi saya, sangat yakin, bahwa alat teknologi manusia pertama kali di bumi, itu lahir di zaman nabi Adam AS ketika beliau harus berkebun, berternak, dan mungkin berburu.

Bagi yang percaya akan manusia purba, ya silahkan pelajari ilmu-ilmunya banyak sekali di media internet atau perpustakaan.

Bagi saya, manusia purba itu ya gak purba-purba amat, ada mulai dari zaman nabi Adam AS.

Saat ini, teknologi memang sudah sangat mencengangkan walaupun kalau melihat sejarah, sebenarnya biasa saja ya.

Pesawat jet yang mampu terbang dalam kecepatan ribuan Km per jam, atau jaringan internet yang sudah mencapai Gb per detik adalah salah satu-duanya..

Meskipun kita boleh saja menikmati kemudahan di zaman millenium ini, namun menurut saya, jangan sampai kita terhisap hingga tak bisa mengontrol kehidupan kita.

Tetaplah sadar, pakai teknologi sewajarnya, dan jangan lupakan untuk hidup seindah-indahnya. Dan, biasanya… keindahan itu muncul saat kita sedang jauh dan lepas dari teknologi. Setuju?

LEAVE A REPLY