Android One awalnya hanya untuk HP kelas bawah. Tapi sekarang ada beberapa ponsel dengan OS Android One yang dibekali chipset dan RAM kelas menengah, misalnya Xiaomi Mi A3.

Kelebihan Android One adalah UI yang sangat “CLEAN” serta hampir mendekati Stock Android. Setelah pakai HP Android One, saya hampir gak bisa bayangin ketika pakai HP dengan UI racikan pabrikan yang ruwet itu.

Yes, bersihnya Android One itu sesuatu banget. Tapi ada kekurangannya, banyak malah!

Misalnya Android One punya Xiaomi, itu dibandingin ama UI-nya Xiaomi alias MIUI 11 (yang terbaru), itu fiturnya jauh banget.

Banyak fitur di MIUI yang gak ada di Android One. Bahkan sekedar perekam suara saja mesti download dulu dari Play Store.

UI Android One

Itu mungkin sepele.

Yang lebih serius adalah untuk urusan keamanan. Android One ini bener-bener stock banget. Keamanan ya gitu-gitu aja. Lalu untuk Dual Space, juga gak senyaman MIUI. Belum lagi ngomongin Dual Apps, beuuuh..

Ah, pokoknya banyak banget deh kekurangan Android One kalau udah ngomongin fitur, dan kita bandingin ama MIUI.

Tapi toh saya bisa hidup dengan itu semua..

Pada akhirnya saya membiasakan untuk tak berharap pada fitur-fiturnya MIUI.

Tapi saya yakin kalian pengguna HP Android One udah tau itu, tapi bagi yang belum pernah pakai HP Xiaomi dengan MIUI, mungkin baru tau fakta-fakta yang barusan saya sampaikan.

Sekarang,

Masalah yang sering menghinggapi pengguna Android One phone terutama punyanya Xiaomi termausk Mi A2 Lite, Mi A2, dan A3, adalah RAM Management.

Seperti saya utarakan di atas bahwa fitur Android One memang gitu-gitu aja.

Bahkan Task killer itu dia gak punya.

Meski ada Recent Apps, tapi gak lantas ketika kita swipe atau kita hapus dari Recent Apps lalu akan mematikan seluruh aktivitasnya, nope!

Imbasnya, kalian akan sering banget nemuin restart aplikasi ketika melakukan multitasking. Mulai lagi dari awal laman app.

Misalnya buka YouTube, terus balik ke home, buka Facebook, lalu balik lagi ke YouTube, lah malah harus ngulang dari awal alias halaman HOME, padahal tadi lagi nonton vlognya Atta misalnya.

Nah ini susah banget solusinya kalau kalian bener-bener mau pakai Task Killer.

Tapi ada solusi sederhana dan gampang banget.

Apaan?

Matiin HP, lalu nyalain lagi. Jangan restart ya, tapi matiin.

Ternyata beda banget.

Gak perlu tiap hari sih, seminggu sekali juga sepertinya masih aman. Atau tiap 3 hari misalnya..

Pokoknya sih, setiap udah dirasa bahwa multitasking udah selalu restart, ini mesti dimatiiin dulu.

Saya udah buktikan, memang beda banget.

Ternyata RAM management Android One tak seburuk itu kok. Malah tergolong fluid alias lancar-lancar aja buat multitasking.

Kadang, meski kelihatan restart, tapi ternyata enggak. Jadi misal ada info yang lagi kita pantengin di app sebelah, atau lagi nulis sesuatu, itu gak hilang.

Oke cuy.. Cerita ini berawal dari keluh kesah blog muha, tapi saya gak separah sepupu saya, padahal RAM-nya banyakan dia, tipenya sih sama btw. Mungkin aplikasi yang sering dia pakai nyita RAM banget.

Mau ngasih tau dia tapi entar bae lah, kkk…

LEAVE A REPLY