Mahasiswa adalah subyek intelektual dimana memiliki pengetahuan sistematis lebih dari mereka yang tidak mendapatkan kesempatan kuliah. Peluang usaha sampingan yang paling cocok tentu yang berhubungan dengan kemampuan seorang mahasiswa. Apa itu? akan kita bahas di artikel ini.

Jika Anda adalah seorang mahasiswa yang sedang mencari uang tambahan atau sekedar mengisi waktu luang, maka peluang usaha sampingan akan menjadi salah satu solusi selain berorganisasi di kampus. Bagi mahasiswa jurusan bisnis, lain lagi, umumnya mencari peluang usaha agar bisa memulai belajar bisnis sejak dini sehingga ketika sudah menyelesaikan study akan memiliki pengalaman yang cukup untuk bersaing dengan lulusan sarjana lainnya.

Peluang usaha sampingan yang cocok untuk Mahasiswa

Banyak sekali peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa di sela-sela kesibukan kuliah. Beberapa diantaranya adalah bekerja melalui internet (online) dan beberapa lainnya merupakan bekerja di dunia real (offline), mana yang lebih baik untuk Anda tentu tergantung dengan minat dan kecocokan Anda.

Bagi sebagian orang yang tidak bisa berlama-lama di depan monitor tentu tidak cocok dengan bekerja online, sedangkan sebagian yang tidak bisa (tidak suka) berinteraksi dengan orang lain secara tatap muka maka lebih cocok berbisnis online.

Di kesempatan kali ini akan dibahas lebih fokus ke bekerja online, sedangkan untuk bekerja offline akan dibahas di artikel berikutnya dikarenakan jenis usaha yang jauh lebih banyak.

1. Menulis

Yup, sangat cocok bukan dengan status Anda sebagai Mahasiswa?

Menulis ulasan produk atau artikel bermanfaat memiliki nilai (harga) tinggi jika Anda tau cara memasarkan tulisan Anda.

Cara pertama adalah langsung menjualnya kepada yang membutuhkan. Mungkin Anda langsung berpikir, ‘wah, emang ada ya publisher yang mau beli tulisan saya yang masih mahasiswa’. Well, ga ada salahnya Anda berpikir seperti itu karena akan menuntut Anda agar bisa menulis untuk publisher. Namun bagi Anda yang masih ingin memulai dari yang kecil-kecil, banyak sekali pebisnis online yang membutuhkan tulisan Anda, harganya memang tidak semahal di Publishing media. Harga artikel bahasa Indonesia umumnya hanya 5000 rupiah per 300 – 350 kata. Sedangkan harga artikel bahasa Inggris adalah 10.000 – 15.000 per 300 – 350 kata. Tenang, Anda bisa membuat artikel tersebut dengan mudah karena ada banyak bahan artikel yang bisa kita ambil.

Cara kedua adalah dengan membangun blog atau website kita sendiri. Caranya adalah mengisi web Anda dengan artikel berkualitas sehingga bisa menarik visitors. Visitors = uang, cara menguangkannya adalah dengan memasang iklan di web kita. Cara ini memang membutuhkan waktu agak lama sampai Anda benar-benar menghasilkan uang dari web Anda. Namun, harga per artikelnya akan naik drastis dan terjadi berulang-ulang.

2. Online store dropship

Baca ulasan tentang dropship di sini.

Intinya adalah Anda menjual produk secara online sedangkan produknya tidak ada di Anda. Ketika Anda mendapat order, maka Anda akan menyampaikan order tersebut ke penjual yang asli. Beda harga antara pembeli dari Anda dengan harga yang Anda bayarkan ke penjual aslinya adalah profit Anda. Cara ini cocok untuk Anda yang ingin jualan tapi ga ada produk yang ingin dijual.

3. Online store

Anda punya produknya, jual melalui online (dan offline). Produk di sini bisa berupa produk fisik maupun digital.

4. Affiliate store

Mirip dengan dropship yakni mempromosikan produk orang, bedanya Anda hanya mereferensikan tanpa mengurusi soal pembayaran dsb. Untuk produk Indonesia masih sangat terbatas, sedangkan untuk internasional banyak sekali program yang bisa kita ikuti seperti Amazon.com, Clickbank.com, Commision Junction, dan ribuan program affiliate lainnya.

5. Jual jasa

Cara ini lebih luas dari menjual jasa menulis di atas. Di sini kita bisa jual jasa apa saja yang kita mampu, contohnya seperti jasa membuat website/ blog, jasa submit link ke website social bookmark, jasa copy paste, jasa pindahan hosting, jasa membuat logo dan banner, dan jasa-jasa lainnya yang sesuai dengan kemampuan atau skill Anda.

Dimana bisa menjual jasa?

Anda bisa menjual jasa tersebut di komunitas atau forum seperti forum publisher Indonesia (Adsense-id.com), Kaskus, JisPortal. Bisa juga Anda jual di web khusus jual beli jasa seperti Fiverr.com, Microworkers.com, dan Elance.com.

6. Bisnis online lainnya

Masih banyak sekali jenis bisnis online lainnya, seperti PTR (Paid to review), Broker Link, Broker jual website/ domain, PPC (Pay per click), dll.

Itulah beberapa peluang usaha sampingan Mahasiswa yang bisa dikerjakan di sela kesibukan kuliah. Detail dari tiap-tiap di atas pasti akan saya bahas  ke depannya. Begitu juga dengan peluang usaha offline alias di real life yang akan saya bahas satu per satu ke depannya.

Anda punya ide lain atau pertanyaan, reply by comment form di bawah 🙂

Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa (Online)
Tagged on:                     

7 thoughts on “Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa (Online)

  • 2012-12-08 at 23:42
    Permalink

    Ada tambahan info dari kami
    Kami membuka kesempatan untuk para mahasiswa yang terbatas waktunya untuk bergabung bersama sahabat satugerai. Sahabat akan mendapatkan sebuah toko online lengkap dengan produk siap jual. Gratis!!! langsung bisa daftar. Sistem bisnis ini mirip dengan Amazon. Namun kami berusaha untuk menjual produk-produk asli Indonesia.

    Berminat silahkan mendaftarkan diri melalui sahabat.satugerai.com

    Reply
    • 2012-12-10 at 09:41
      Permalink

      Thanks penawarannya 🙂

      Monggo yang ingin usaha sampingan.

      Reply
    • 2012-12-20 at 04:48
      Permalink

      kira2 barang yg mw dijual tu dalam bentuk apa aj ya mas? tlong jwbn’a. thanx

      Reply
      • 2012-12-22 at 17:11
        Permalink

        Bisa produk fisik atau bisa juga digital. Produk fisik contohnya kaos, sweater, sepatu, jilbab, baju muslim, obat/ pupuk, elektronik, dan banyak banget tak terbatas. Produk digital biasanya berupa ebook, template website, software, dan lainnya.

        Jawaban saya itu general ya 🙂 bukan khusus tentang komentar dari sahabat satugerai com. Sedangkan tentang sahabat satugerai saya belum bisa kasih gambaran.

        Reply
  • 2013-01-07 at 04:08
    Permalink

    bisa berlanganan ke over sea iya mas!!

    Reply
  • Pingback:Peluang Usaha untuk Mahasiswa, Menjual Produk Orang Lain | Just Muha

  • 2013-05-02 at 14:42
    Permalink

    kalo kamu punya hoby desain grafis, usaha cetak foto dengan menggunakan frame unik dan keren bisa jadi peluan buat kamu, modalnya cuma komputer dan printer, yg paling pas ya printer Epson, harganya juga gk mahal, cuma dibawah satu jutaan, lumayan lho.. hasilnya teman2, khususnya bagi mahasiswa, unt info printer yg bagus unt cetak foto dan cara memulainnya, silahkan lihat diblog ini http://hargaprinterepson.blogspot.com/2013/04/bisnis-yang-cocok-untuk-mahasiswa.html

    maaf ya mas Brian Muha, saya bukn maksd promosi, tapi saya cuma ingin berbagi info usaha aja hehe.. lam kenal yah 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *