Fitur USB OTG pada smartphone itu berguna banget ya menurut blog Muha.

USB OTG HP Android bisa apa aja

Pertama;

Transfer File bisa dengan mudah pakai USB OTG terus colokin Flashdisk atau microSD reader. Ini fitur paling basic dulunya.

Kedua;

Mau pakai aksesoris Mouse dan Keyboard fisik, bisa banget colokin ke USB OTG. Yang bluetooth pakai dongle pun bisa.

Ketiga;

Bisa ngecharge HP lain, bahkan HP murah saya, pun bisa ngecharge HP yang 3 kali lebih besar kapasitas baterainya. Bisa juga buat sumber daya alat lain yang menggunakan port USB, misalnya speaker, kipas USB, lampu USB, dll.

Belum berhasil saya coba, tapi konon bisa transfer file langsung juga dari smartphone ke smartphone pakai USB OTG.

Keempat;

Bisa buat dipasang aksesoris laptop yang pakai port USB dan ringan. Misalnya, saya kemarin colokin Sound Card external di HP dengan USB OTG, dan berfungsi. Terus gunanya apa? Ya bisa colokin microphone dan output ke speaker bersamaan, andai gak punya splitter… Tapi mending pakai splitter si..

Oh iya, bisa colokin microphone dengan interface USB juga.

Kelima;

Bahkan colokin hard disk optic biasa pun muter loh. Keren beud dah.

Keenam;

Bisa memfungsikan fitur di HP dari laptop. Misalnya menggunakan USB Debugging, bisa pakai kamera dan mic di HP sebagai webcam buat laptop.

Yang list berikut ini belum saya cobain;

Ketujuh;

Connect-in game controller..

Kedelapan;

Bisa dihubungin ke printer dan ngeprint langsung pakai hape tanpa perlu PC or komputer.

Sembilan;

Bisa jadi second screen pas pakai DSLR. Control dari hape yang layarnya lebih gede tentunya. Bahkan berbagai pengaturan penting juga bisa langsung diakses lewat layar hape.

Sepuluh;

Connect-in instrument music, semisal midi controller..

Sebelas;

Bahkan bisa konekin internet menggunakan kabel (Ethernet) dengan kabel khusus Ethernet USB adapter.

…………………

YES! Pada dasarnya, fungsi USB di Hape sudah hampir menyamai fungsi USB port di laptop. Memang tidak sefleksibel dan sepowerful di laptop, tapi menurut saya sudah sangat-sangat memadai. No trouble juga kebanyakan.

Ya begitulah, USB OTG (On The Go) pada HP Android itu fungsional banget, makanya tanpa laptop pun saat ini bisa banget buat produktif hanya menggunakan smartphone.

Dan kalau mau yang lebih keren lagi, sayangnya hanya ada di HP Android flagshipnya Samsung, yakni DeX Mode..

Merubah HP Android jadi komputer, bisa sambungin ke layar juga pakai HDMI. Ah, pengen sih asli.

Yaudah.. demikian 12++ fungsi USB OTG di HP Android, semoga informasi ini menginspirasi Anda 🙂

LEAVE A REPLY