Saya sering sekali upload video ke YouTube dengan ukuran video yang amat sangat besar. Yang baru kemarin, ukuran video aslinya kisaran 400 Mb, dan ketika diupload ke YT, lalu saya download, itu ukurannya sudah kisaran 45 Mb.. Alias 10% dari video asli. Durasinya hampir 6 menit.

Apa yang berubah?

Resolusi sama-sama Full HD, ternyata yang berubah adalah BITRATE!

Yes, bukan hanya Audio, Video juga punya bitrate, dan yang saya lihat dari video 45 Mb tsb, bitrate-nya kisaran 1000 kbps saja. Video aslinya kisaran 20,000 kbps.

Dan percayalah, meski bitrate-nya turun drastis, kualitas videonya masih sangat baik.

Hingga saya waktu belum tau bagaimana cara ngompress video tanpa ngecilin resolusi, kepikiran buat upload aja semua video ke YT, lalu download lagi, hahaha.. Konyol!

Saya pernah punya software andalan buat ngompress video, tentu tanpa nurunin resolusi video, tapi saya gak paham bagaimana proses kerjanya.. Tau beres aja.

Hingga lalu saya update software tsb, dan ternyata sudah ekstrim sekali watermarknya, dari sebelumnya hanya di akhir video jika durasinya lebih dari 5 menit, kini watermark dimulai dari menit2 pertama, dan buanyak sekali. ckck..

Nah, saya yakin mayoritas kalian sudah jarang pakai laptop.

Makanya, butuh aplikasi HP android buat ngompress video, nurunin ukuran file alias file-size, tanpa nurunin resolusinya jadi lebih kecil.

Maka, pakailah ini bro…

Video Compressor – Fast Compress Video & Photo

By MobileIdea Studio.. LINK download resmi Play Store…

Selain yang ini, ada aplikasi lain yang saya coba juga, tapi tidak lebih baik dari aplikasi satu ini.

Sekarang pertanyaannya, kenapa harus dicompress?

NGIRIT STORAGE bro…..

Satu video berukuran bergiga-giga, setelah dicompress cuma ratusan Mb, tentu jadi ngirit banget. Kita bisa nyimpen video lebih banyak dengan kapasitas yang tak perlu ditambah.

Cara pakenya simpel…

Buka aplikasinya, pilih folder video, pilih videonya, pilih mau diapain, kalau pilih compress maka pilih opsi compressnya….

Compress ngecilin ukuran video tanpa nurunin resolusi

Biar size jadi kecil, pilih LOW QUALITY, atau CUSTOM..

Saya suka yang CUSTOM, karena tak perlu nurunin resolusinya.. Tapi kalau kalian gak masalah resolusinya turun, bisa pilih yang LOW QUALITY.

Tapi di opsi LOW Quality; kalian gak bisa custom BITRATE, padahal bitrate ini yang ngaruh banget buat ngecilin ukuran video.

Seberapa kecil bitrate yang mesti diatur?

Di situ ada perbandingan ukuran video, kalian suka-suka pilih sesuai selera.

Kalau saya, misal videonya masih bakal diedit2, atau videonya tergolong penting banget, itu bitrate saya bikin agak tinggian.. Ya kira-kira ukuran video baru setelah dicompress sekitar 1/4 dari video asli. Misal ukuran asli 1 GB, saya buat 250 Mb.. Bisa lebih, bisa kurang.. bebas aja.

Baiklah.. saya kira jelas ya bro..

Cara menghemat penyimpanan dengan ngecilin ukuran video tanpa nurunin resolusi video.. Ini aplikasi androidnya! Yang terbaik.

LEAVE A REPLY