Tidak ada bosannya saya menulis ulasan cara mendinginkan modem karena memang keseharian saya bagaikan selalu bergantung ke modem. Modem lebih penting untuk saya dibandingkan HP sekalipun. Setelah sebelumnya saya memberikan tips ampuh mendinginkan modem dengan ‘merendam ke dalam air’ yang terdengar cukup ekstrim tapi memang terbukti dapat mendinginkan modem secara ekstrim juga. Namun, karena dirasakan terlalu repot, akhirnya saya kembali ke cara lama yakni menggunakan cooling fan atau kipas pendingin.

Jadi apa yang diperlukan?

1. Kipas pendingin, bisa kipas pendingin netbook (cooling pad mini), kipas pendingin prosesor (CPU Cooler), atau apapun deh yang bentuknya kipas kecil, jangan kipas kamar dipakai yah 😀

Kalau beli CPU Cooler yang murahan, sekitar 15 ribuan rupiah satu biji. Sedangkan jika membeli cooling pad netbook, cuma sekitar 30 ribuan seingat saya dan dapat dua biji. Kalau beli online, jarang yang menjual cooler murah, di bhinneka contohnya, paling murah adalah Deepcool CPU Cooler CK-77509 dengan harga 32 ribu, kalau tidak sayang uang sih lebih bagus mungkin karena ada lempengan alumuniumnya, saat ini saya tidak akan membahas yang menggunakan alumunium dililitkan di modem karena tampilannya jadi terlalu ekstrim bagi saya 😀

fan cooler

2. USB HUB bekas, atau kalau mau baru silahkan kalau tidak sayang uang 😀

USB HUB

3. Cutter/ silet/ pisau/ gunting untuk memotong kabelnya.

Cara membuatnya, kupas kulit kabel cooling fan, ada warna hitam dan putih. Potong ujung kabel USB HUB, warna kabel pun hitam dan putih, sambungkan dengan cooler fan dan lilit dengan lakban.

Sambung modem dengan USB HUB dan letakkan di atas cooler fan, jika diperlukan, ikat modem dengan kawat atau karet gelang pun jadi ke cooler fan agar tidak goyang dan berpindah. Jika ingin dililit alumunium dulu, silahkan, namun dengan hanya modal kipas kecil, suhu modem benar-benar turun drastis dan tentu tidak terlalu merepotkan.

Cara mendinginkan modem dengan kipas pendingin

Jika langsung dicolokkan di laptop, bisa saja, atau di desktop, bisa ikat atau tempel dengan lakban. Sayangnya saya sudah menggunakan WiFi router, jadi tentu modem dicolokkan ke routernya.

Catatan: jika lebih memilih cooling pad, potong saja jadi dua dan potong juga kabelnya dari USBnya. Tidak ada satupun alat dan bahan yang saya beli karena semuanya bekas dan sudah tidak terpakai.

Semoga berhasil!!  :shakehand2

1 COMMENT

  1. […] UPDATE: Jika tidak yakin dengan kekuatan plastik atau tidak yakin apakah plastik ada bolong atau tidak, sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Saya sendiri sudah mengalami 2 kali modem basah dan mati total karena ada air di dalam plastik. Tapi untungnya dikeringkan bisa dipakai lagi modemnya. Alternatif yang juga sama powerfulnya adalah dengan kipas pendingin, bisa dari cooling pad kecil, atau kipas prosesor desktop. Silahkan baca di Cara Mendinginkan Modem dengan Kipas Pendingin Murah.  […]

LEAVE A REPLY