Saya mulai mengenal dan menggunakan internet sejak 2006, lalu mulai sangat aktif nongkrong di Warnet zaman2 2008. Tahun 2009-2010 saya sudah pegang laptop sendiri, dan tentu ditemani juga oleh modem sehingga gak perlu lagi nongkrong ngabisin duit jajan di Warnet.

11 tahun yang lalu, saya sudah entah seberapa seringnya buka-buka artikel model viral yang kekinian itu. Sering juga buka artikel tentang dunia dan hal-hal unik. Dulu ada portal yang terkenal banget sebagai bookmarking artikel2 viral, lupa apa namanya. Kalau sekarang mungkin macam reddit kali ya. Walaupun reddit dari zaman dulu juga udah ada.

2 tahun sering mengembara di dunia internet, akhirnya saya menemui titik bosan untuk membaca-baca artikel macam itu. Saya pindah haluan.

Gara-gara nemu buku “menjadi jutawan internet,” akhirnya setiap nongkrong di Warnet, kerjaan saya ganti jadi ngepoin bisnis online. Belum, belum beneran ngelakuin bisnis, cuma ngepoin doang tiap hari.

Dan, setelah lebih dari 10 tahun bermain dengan internet, sekarang saya cuma cengar-cengir aja kalau ada orang yang heboh banget ngomongin artikel viral dari internet, atau zaman sekarang ya kan; video viral.

Saya udah kebal, gak segampang itu dibodohi orang nyari dolar adsense.

Kadang memang ada benernya, cuma terlalu dilebay2kan saja yang akhirnya bikin ilfil.

Hobi saya sekarang ketika internetan tentu saja ngeblog.

Blog tekno by Muha ini adalah salah satu yang malah gak terlalu sering diupdate.

Hari ini ngupdate karena lagi pengen ngomongin tentang dunia internet.

Bagaimana sih biar bisa lebih bijak ketika membuka web atau blog? Misalnya blog bisnisnya Om Yodh, blog motor, atau channel viral macam YT crash, atau channel buluk just Muha ini.

Caranya adalah; ya, BIJAKLAH!

Dunia dalam genggaman

Pertama; jangan langsung percaya 100%, terutama pada konten2 model viral.

Konten tentang social, politik, dan agama, juga kadang perlu HATI-HATI saat membacanya.

Saya sering sekali membuka website berita yang dibuat seprofesional mungkin, tapi isinya betul2 tidak berdasarkan fakta alias semau-mau penulisnya, mengarang bebas!

Saat ini, saya juga sedang mengarang bebas, bentuknya opini, tapi ini tentang internet. Kita bicara hal mati, yang gak begitu penting malah, nah kalau yang mereka sebarkan fitnahnya itu adalah tentang seseorang? Atau sebagian pihak? Kan ini gak asyik banget men!

Lucunya…. Seseorang yang berpendidikan tinggi pun, bahkan yang saya anggap pintar dan cerdas, ternyata bisa sebegitu-mudahnya dibodohi oleh orang-orang pencari klik dan itu tadi, dolar adsense.

Setelah membaca satu artikel atau menonton video, coba cari kebenarannya lewat sumber lain. Pasti ngerti dong cara ngebedain mana sumber yang kredibel mana yang enggak? Misalnya blog ini; itu jangan dijadikan rujukan. Isinya lebih banyak opini, bukan fakta. Gitu ya kira-kira…

TRAFIK di konten bertema sosial dan politik itu memang luar biasa banget, gak aneh kalau akhirnya berbondong-bondong pemburu dolar begitu semangatnya bikin konten. Gak peduli lagi soal kebenaran atau etika, yang penting upload sebanyak mungkin, sekontroversial mungkin.

Lalu penontonnya pun luar biasa juga. Ada dua pihak tentunya, satu yang sedang diuntungkan, satu lagi yang jadi objek hujatan. Yang diuntungkan seringnya langsung percaya, yang jadi objek hujatan seringnya membalas dengan bualan fitnah lainnya.. Yang ada jadi lingkaran syaitan terkutuk men!

Jadi, ya biasa ajalah.. Jangan gitu-gitu amat.. Jangan sampai kita berpihak terus tanpa melihat, jangan sampai juga kita memfitnah terus tanpa mendengar.

Tak ada yang sempurna di akhir zaman ini. Ambil yang baik, buang yang buruk. Pilih yang paling banyak baiknya, tolak yang paling banyak buruknya.. kan gitu aja sih.. Fanatik boleh, tapi fanatiklah pada hal yang memang seharusnya; IMAN. Bagi yang percaya aja sih itu juga..

LEAVE A REPLY