Smartphone yang Ditunggu di Tahun 2017

Tahun lalu, saya membuat artikel daftar smartphone yang the most awaited di 2016. Sayangnya, salah satu yang paling favorit, harus dimatikan; the Galaxy Note7.

Di tahun ini, justmuha ingin melisting lagi the best phones yang hampir 100% pasti meluncur di tahun 2017.

Apa saja?

# Galaxy S8 Series & Galaxy Note 8

Kabarnya, Galaxy S8 sudah dites di China saat ini. Rumor2 menyebutkan, Galaxy S8 akan dibekali Iris Scanner yang sebelumnya disematkan pada Note7. Sektor kamera jelas mengalami peningkatan, tapi sepertinya tetap single camera di belakang, dan itu bagus. Kabar lainnya, Galaxy S8 konon akan menghilangkan tombol fisik di bawah layar, apakah Samsung akhirnya akan “mengalah” dan memindahkan fingerprint sensor di belakang?

Ada rumor menyebutkan juga bahwa Galaxy S8 akan mendukung S-Pen, tapi hanya rumor.

Sedangkan Galaxy Note 7, diyakini tetap akan dilanjutkan dengan generasi selanjutnya, mungkin Galaxy Note 8. Ponsel ini terlalu keren, terlalu hebat untuk dimatikan begitu saja. Tentunya Samsung tidak akan membiarkan ada detail yang luput dari pengujian, jangan sampai tragedi Note7 terulang.

## Samsung Galaxy A Series 2017

Galaxy A3, A5 dan A7 2017, sebenarnya sudah resmi dirilis info spesifikasinya. Tinggal menunggu hari hingga saatnya diluncurkan resmi.

Perubahan signifikan pada Galaxy A series 2017 adalah fitur waterproof dan dust resistant, nice, really nice.

Dengan banderol setengah dari Galaxy S series, pilihan Galaxy A series bisa menjadi alternatif untuk kita yang butuh smartphone keren turunan sang flagship meski dengan komponen hardware kelas menengah.

Di bawah seri A, Samsung juga akan melanjutkan keturunan dari Galaxy J series 2017, sudah banyak bocoran desain yang akan digunakan.

### Nokia Android Flagship Phone

Ada rumor akan dinamai Nokia C1, well, kita harus sabar nunggu untuk kebangkitan nama Nokia di kancah persaingan ponsel.

Kabarnya Nokia akan membuat Nokia Android phone di kelas bawah dan juga kelas atas.

#### Xiaomi Mi6

Justmuha termasuk nge-fan ama Xiaomi karena ponselnya bagus tapi murah. Mendapatkan performa kelas flagship dengan harga setengahnya, siapa sih yang gak tergiur, ya banyak sih yang gak tergiur.

Mi6 rumornya menggunakan desain ala Mi Note 2 yang meluncur tahun lalu. Mi6 biasanya gak neko2, pokoknya yang ngetren, diikutin, termasuk dual curved edge, maybe.

##### LG G6 dan V30

LG G6 kabarnya akan balik ke desain yang lebih “murah” dibandingkan G5, sepertinya desain modular G5 gak terlalu wow di mata konsumennya. Kamera dual sepertinya masih disematkan di body belakang G6.

LG V30 adalah ponsel yang bakal justmuha nantikan, beli sih gak tau yah, mahal. Mudah-mudahan LG V30 bisa tetap mempertahankan body MIL-STD plus Water resistant yang saat ini cuma tersedia di Jepang. Second screen sih terserah lah ada apa gak.

###### BlackBerry DTEK70 Mercury

Kalau harganya bisa dibikin sedikit terjangkau, DTEK70 harusnya bisa menyita perhatian dunia, sayangnya BlackBerry (dan TCL) sekarang masih mempertahankan banderol tinggi, padahal brand BlackBerry tidak sedang dalam kondisi yang menguntungkan.

####### OnePlus 4

Duh, andai OnePlus mau kerjasama dengan produsen yang punya pabrik di Indonesia, kayaknya bakal laris deh. OnePlus selalu memberikan harga terjangkau untuk semua ponsel yang mereka luncurkan, padahal, spesifikasinya ya kelas atas, flagship, cuma ada beberapa fitur yang inferior, layar yang belum 2K misalnya.

######## Sony XZ Successor

Come on Sony, back to the big player game!

Di tahun 2016, Sony sangat pilih2 untuk memasarkan Xperia XZ mereka. Di Indonesia, ada sih yang bisa dibeli, tapi ya gitu deh…

Oke, itu ponsel-ponsel yang justmuha tunggu di 2017. Selain di atas, sebenarnya masih cukup banyak yang lain, sebut saja Huawei P10, Google Pixel Successor, HTC 11?, Moto Z1?, Asus Zenfone 4, dan tentu saja; the great Apple iPhone 7s.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *