Samsung Galaxy A5 (2016), Seperti Apa Spesifikasinya?

Samsung Galaxy A5 adalah salah satu tipe dari seri A yang merupakan andalan Samsung di kelas menengah. Dengan material yang berkualitas, Galaxy seri A juga dibekali spesifikasi yang relatif mencukupi meski komponen utamanya masih kalah jika dibandingkan smartphone harga setara dari Xiaomi dan Meizu misalnya.

Namun inilah Samsung, Galaxy A3 dan A5 yang terlaris, meski dibandrol harga 3 jutaan dan hampir 5 jutaan, nyatanya masih laku berkat kualitas produk yang terjamin dan fitur-fitur yang lengkap.

Di akhir tahun 2015 ini, Samsung sudah memperkenalkan Samsung Galaxy A Series edisi tahun 2016 dengan penamaan yang sama persis. Mulai dari Galaxy A3, A5, A7, dan A9 akan tersedia di banyak negara diperkiraan mulai awal tahun depan. Dari semua varian Galaxy A Series, satu tipe yang justmuha cukup antusias adalah Samsung Galaxy A5, 2016 Edition.

Spesifikasi-Samsung-Galaxy-A5-2016-Edition

Menurut justmuha, Galaxy A5 ini bisa menjadi pilihan yang amat menarik dimana spesifikasi dan fiturnya sudah tidak terlalu jauh dari seri flagship bahkan beberapa specs lebih baik. Sedangkan harganya, meski belum bisa dibilang terjangkau, tapi setidaknya jauh lebih murah dibanding seri flagship, S Series. Spesifikasi unggulan Galaxy A5 edisi 2016 akan kita bahas satu persatu.

Design and Body

Galaxy A5 2016 kini menggunakan material pembungkus dari metal dan kaca yang disebutkan oleh Samsung, 2.5D sided glass. Jelas ini merupakan material yang berkelas sehingga Galaxy A5 masuk dalam jajaran smartphone premium. Meski sebagian tidak menyukai, nyatanya desain ini tetap diterima oleh kebanyakan penggunanya, bisa kita lihat dari pengguna Galaxy S6.

Pilihan-Warna-Galaxy-A5-2016

Permukaan kaca Galaxy A5 juga sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 4 yang diklaim bisa menjaga layar dari goresan. Jika kita lihat lebih dekat, desain Galaxy A5 2016 ini bisa kita masukkan ke dalam kategori, almost perfect. There is nothing I can complain about except the grip.

Galaxy A5 2016 kini memiliki dimensi 144.8 x 71 dengan ketebalan 7.3 mm dan bobot 155 g. Bobot tersebut bertambah cukup banyak dibanding gen awal yang hanya 123 g. Tersedia 4 pilihan warna; black, white, rose gold (pink), dan gold.

Bigger Screen and Battery

Layar Galaxy A5 yang sebelumnya berukuran diagonal 5.0-inch, kini Galaxy A5 2016 mendapatkan penambahan 0.2 inch. Layar 5.2-inch ini juga memiliki resolusi lebih tinggi yakni Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan piksel 423 ppi, not bad at all. Jangan lupa, Galaxy A series semuanya menggunakan layar jenis Super AMOLED sehingga tampilannya terlihat tajam dengan contrast yang tinggi. Rata-rata smartphone yang menggunakan jenis layar ini bisa digunakan di bawah terik matahari dengan nyaman.

Samsung-Galaxy-A5-2016-Edition-Putih

Peningkatan ukuran layar Galaxy A5 2016 juga berefek pada baterai. Kini kapasitas baterainya menjadi 2900 mAh, meningkat 600 mAh dibanding gen sebelumnya. Tentu ini berimbas pada hal lainnya, bobot Galaxy A5 kini tidak lagi seringan sebelumnya. Oh iya, baterai smartphone ini juga sudah mendukung fast charging, sehingga tentu akan lebih praktis lagi untuk mengisi baterai lebih singkat.

OS yang digunakan adalah Android Lollipop 5.1.1 dengan TouchWiz UI khas milik Samsung. Tentunya akan ada upgrade ke Android Marshmallow meski kita belum tau berapa lama setelah diluncurkan.

Camera with OIS

Ini kabar yang sangat menarik bagi pecinta fotografi ponsel. Jika hanya melihat resolusi, maka terlihat tidak ada peningkatan fitur kamera di Galaxy A5 2016 ini. Namun jika melihat fitur dan spec, believe me, it can be much better than before.

Samsung-Galaxy-A5-2016-Edition

Galaxy A5 2016 kini menggunakan kamera utama dengan aperture f/1.9 dan… wait for it.... Optical Image Stabilization atau disingkat OIS. Dengan aperture yang lebih lebar, hasil kameranya akan lebih terang dan memiliki bokeh lebih blur. Sedangkan dengan OIS, kita akan lebih mudah mengambil foto yang tajam tanpa blur.

Selebihnya, fitur pelengkap Galaxy A5 2016 relatif standar seperti Autofocus, LED Flash, FHD 1080 video recording 30 fps, Panorama, HDR, dan banyak lagi pengaturan yang mungkin akan memudahkan penggunanya, well… bisa juga menyusahkan… Kamera depannya menggunakan resolusi 5 MP dengan aperture yang juga f/1.9.

Bagi yang mengharapkan hasil foto maksimal sesuai selera, tersedia juga fitur Pro mode dengan pengaturan white balance, ISO, dan exposure secara manual.

Fingerprint Recognition

Kelebihan-Samsung-Galaxy-A5-2016Mengamankan data dan smartphone Anda bisa lebih mudah dan cepat berkat tersedianya Fingerprint Reader, Fingerprint Scanner, Fingerprint Sensor, whatever you call it. Dengan fitur Fingerprint Recognition (ini yang official btw), kita bisa membuka (unlock) phone dengan touch, semudah itu. Untuk klaim waktunya belum ada info nih, tapi justmuha yakin di bawah 1 s, 0.5 detik I think is fine. Syukur kalau bisa di bawah 0.5 s.

Faster Performance

Galaxy A5 kini menggunakan hardware yang setara dengan kakaknya, berbeda dibanding gen sebelumnya yang setara adiknya. Galaxy A5 (dan A7), kini menggunakan CPU Octa-core. Justmuha belum mendapatkan info soal chipset yang digunakan di Indonesia, apakah menggunakan Qualcomm Snapdragon, atau menggunakan chipset buatan Samsung, Exynos. Informasi terupdate saat ini, Galaxy A5 2016 yang sudah dirilis menggunakan chipset Exynos 7580 Octa core, 64 bit, 1.6 GHz.

Fitur-Unggulan-Samsung-Galaxy-A5-2016

Kapasitas RAM masih tetap 2 GB. Begitu juga dengan internal storage yang tetap 16 GB. Namun kini slot microSD card Galaxy A5 2016 mendukung kapasitas hingga 128 GB.

More Features

Samsung Galaxy A5 2016 tentu dibekali juga dengan fitur-fitur khas smartphone kelas menengah-atas seperti WiFi b/g/n dual-band,WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.1 with A2DP EDR LE, GPS, NFC (LTE Only), FM Radio, microUSB v2.0, Sensors; Acceleration sensor, proximity sensor, RGB light sensor, a geomagnetic sensor, a Hall sensor, dan fingerprint sensor.

Desain-Samsung-Galaxy-A5-2016Samsung Galaxy A5 yang masuk Indonesia justmuha yakin sekali sudah dibekali jaringan 4G LTE, seperti gen sebelumnya. Kabarnya Galaxy A5 ini juga mendukung dual SIM namun dengan slot yang sama dengan slot microSD, jadi hanya bisa memilih salah satu antara microSD atau dual SIM. (versi yang masuk Indonesia bisa jadi berbeda)

Alright… Kembali ke intro.. Bagaimana ceritanya smartphone ini bisa menjadi alternatif terjangkau dari seri flagship Galaxy S6?

Fitur-fitur yang perlu digarisbawahi adalah fitur yang justmuha ulas di atas. Galaxy A5 2016 menarik untuk dimiliki dengan beberapa alasan; kamera yang lebih baik bahkan dibekali OIS, performa yang lebih cepat meski masih di bawah S series tentunya, desain keren, dan baterai yang lebih besar kapasitasnya. Baterai Galaxy A5 gen awal yang menggunakan baterai 2300 mAh sudah cukup baik daya tahannya, justmuha yakin Galaxy A5 2016 bisa sedikit lebih baik lagi. Setidaknya kita tidak perlu mambawa kotak power bank kemana-mana, that’s just looks silly, at least for me. Fitur-fitur unggulan tersebut menuruni seri S.

Kapan Samsung Galaxy A5 2016 dijual di Indonesia?

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Galaxy A5 2016 ini akan meluncur resmi di Indonesia pada 8 Januari 2016. Belum ada kepastian harga, tapi jika membandingkan dengan bandrol di China, kemungkinan harga Galaxy A5 2016 akan berada di kisaran 5,8 juta rupiah, wah… mahal juga yah… 

Mari berdoa dan berharap agar harga Galaxy A5 edisi 2016 akan berada di kisaran 5 jutaan saja, bukan 5 jutaan dekat ke 6 juta yah 🙁

Jadi, bagaimana pendapat Anda tentang Samsung Galaxy A5 2016 Edition?

Ref, Ref, Ref

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *