Review Koneksi Paket Internet XL 2016

Beberapa hari lagi kita memasuki tahun 2016, tahun yang justmuha yakin kualitas internet di Indonesia akan naik mengikuti perkembangan 4G LTE. Namun tentu belum semua daerah di Indonesia mendapatkan coverage LTE. Dengan jaringan 3.5G, sebagus apa kualitas koneksi internet XL saat ini?

Di halaman ini, justmuha akan memberikan sedikit review dengan membandingkan kualitas saat ini dengan beberapa bulan lalu. Untuk informasi lengkap paket internet XL, akan diulas di halaman lain, link akan tersedia di sini.

Sekitar 1-2 tahun lalu, justmuha mulai menggunakan paket internet XL khususnya yang Super Ngebut dimana kita bisa mendapat kuota besar dengan harga relatif murah. Tapi 90% kuota tersebut hanya berlaku di jam 12 malam hingga 12 siang. Karena itu, paket XL yang saya pakai dulu hanya menjadi paket tambahan untuk paket internet Smartfren.

Lalu, setelah merasakan koneksi internet Smartfren yang dulu tidak begitu memuaskan, justmuha pindah ke Telkomsel Flash, meski mahal, justmuha tidak menemukan terlalu banyak masalah. Saya juga mulai meninggalkan XL dan mengganti dengan paket midnight flash, dan akhirnya ke Loop setelah midnight flash ditiadakan.

Nah, sudah beberapa hari ini, justmuha mencoba paket dari XL karena mendapatkan tawaran dari salah satu counter hp langganan saya. Dan saya sudah membeli yang kedua kalinya, apakah sekarang kualitas internet XL sudah lebih baik?

Untuk memudahkan, review ini saya bagi berdasarkan point saja ya.

Review Koneksi Paket Internet XL 2015-2016

1. Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah satu faktor yang amat sangat mempengaruhi buying decision consumer. Jika sebelumnya harga paket XL relatif tinggi, bisa dibilang, setara dengan Telkomsel Flash, kini secara keseluruhan harga-harga paket internet XL relatif lebih murah. Apalagi di masa-masa sekarang dimana XL sedang gencar melakukan promo dan bonus untuk mengkampanyekan jaringan 4G LTE mereka. Saat ini, XL merupakan penyedia 4G LTE terluas loh.

2. Banyak Pilihan Paket

Ini bisa memudahkan, bisa juga malah membingungkan. Tapi, biasanya semakin banyak pilihan akan memberikan manfaat karena pengguna dapat memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, untuk paket khusus Internet, setidaknya ada 17 jenis paket, itu belum ditambah paket promo dan paket combo. Untuk memudahkan Anda memilih, justmuha akan buat panduan memilihnya, di halaman lain ya, link akan saya cantumkan kalau sudah tersedia.

3. Steady Connection

Satu hal yang justmuha benci dari XL adalah koneksi internet yang tidak ready dan tidak steady terus menerus. Sering sekali seakan koneksinya sleep dan perlu menunggu cukup lama sebelum koneksi lancar kembali.

Itu dulu, sekarang XL sudah tidak memiliki masalah itu. Setidaknya di daerah justmuha saat ini, Bekasi Kab. Koneksi internet XL selalu siap digunakan dan langsung cepat.

4. Free Slow Connection

Kayaknya istilahnya kurang enak yah. Intinya, sekarang paket internet XL yang justmuha gunakan sudah sangat jarang mengalami koneksi down dan lelet. Koneksinya selalu bagus, seburuk-buruknya masih tidak jauh dari 1 Mbps. Normalnya, kecepatan internet XL di atas 3 Mbps, itu 3G. Saya belum menguji koneksi internet 4G XL, dan sejujurnya, saya belum butuh sama sekali. Kenapa, karena dengan koneksi 3G-nya saja, membuka halaman apapun tak perlu loading lama, tak perlu buffer video karena akan langsung terputar, apalagi kalau cuma membuka halaman website biasa, instagram, dan web-web dan apps  yang banyak menampilkan gambar.

Berikut adalah beberapa screenshot kualitas kecepatan koneksi internet XL yang justmuha uji, bahkan di hari-hari libur (Maulid – Natal – Tahun Baru) dimana pengguna internetnya sedang berada di puncak/ peak alias waktu sibuk.

Speedtest XL 4940705544 XL Tethering 13-35 4th test
XL Tethering 13.35 WIB 4th Test
4940382324 XL 9-20 Tethering 3rd test
XL 9.20 WIB Tethering 3rd Test
4940380092 XL 9-17 Tethering 2nd test
XL 9.17 WIB Tethering 2nd Test
4940377442 XL jam 9-15 tethering
XL 9.15 WIB Tethering 1st Test

Test kecepatan internet XL di atas dilakukan 3 kali di waktu berdekatan, dan 1 kali di waktu berbeda. Terlihat, di waktu libur, waktu pagi sekitar jam 9 – 10, rata-rata kecepatan berada di kisaran 0.8 – 1 Mbps baik download ataupun upload. Kecepatan ping sangat cepat, bahkan beberapa relatif lebih cepat di banding Flash.

Lalu, bagaimana jika Speed DL/UL di atas dibandingkan dengan koneksi internet Telkomsel Flash. Jujur, justmuha belum terlalu impresif dengan hasil Speedtest XL karena Telkomsel Flash seringnya memiliki Speed lebih dari angka-angka di atas.

Namun sedikit kelebihan XL dibanding Flash saat ini, justmuha merasakan Telkomsel Flash sedang berada di kondisi yang gak begitu bagus dan stabil koneksinya. Jika dulu XL yang sering tidak “siap pakai”, kini malah Flash yang cukup sering begitu. Jadi, meski rata-rata speed XL masih di bawah Flash untuk jaringan 3G, namun pengalaman penggunaan koneksi internetnya masih lebih memuaskan XL, untuk saat ini. Well done!

Sedikit Tips/ Info

Oke, saya kira cukup membahas kelebihan dan kualitas koneksi internet XL. Satu kata yang menggambarkan XL saat ini, “Memuaskan”.

Nah, karena saat ini banyak sekali promo internet XL, justmuha ada sedikit tips, khususnya bagi Anda yang memiliki dua device atau satu device (smartphone) dengan dual SIM.

Banyak sekali counter hp yang menjual kartu perdana XL dengan bundling paket yang sudah didaftarkan, namun dengan harga yang lebih murah. Misalnya, paket 4,5 + 0,5 GB yang harganya berada di kisaran 100 ribuan untuk paket normal, bisa kita dapatkan dengan harga 70 – 80 ribuan saja. Sangat MURAH untuk kuota dan kualitas yang diberikan. Kuota berlaku 24 jam.

Hambatannya, mungkin hanya masalah regulasi pemerintah yang kini lebih ketat untuk registrasi kartu baru. Tapi perlu Anda tau, kartu perdana yang sudah ada paketnya tersebut sudah ready untuk kita tinggal pakai.

Perdana-Internet-XL

Meski justmuha sangat mengapresiasi regulasi yang lebih tegas soal registrasi kartu perdana, tapi menurut saya, itu BUKAN solusi masalah saat ini. Masalahnya sekarang adalah belum adanya keseriusan aparat untuk membasmi penipu. Apa susahnya melacak nomor rekening yang digunakan pelaku? Jaman sekarang, penipuan bukan hanya lewat nomor dan SMS, tapi juga lewat media lain.

Tapi ya itu, justmuha tetap akan selalu mengapresiasi segala usaha pemerintah untuk membuat negri ini lebih maju. Mungkin ke depan salah satunya dengan memberikan aturan ke provider untuk menurunkan margin keuntungan provider telekomunikasi dan ISP tanah air? Perhaps!?! Supaya warganya bisa menikmati kualitas internet kelas atas dengan harga terjangkau sehingga tak perlu beli banyak kartu perdana yang “sekali pakai”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *