Lenovo A2010, Smartphone Android Murah Berkualitas

Lenovo A2010 belum terlalu lama meluncur resmi di Indonesia. Bersama dengan dua “saudaranya” Lenovo A1000 dan A6010, Lenovo A2010 mengisi jajaran smartphone Android terjangkau harga di bawah dua juta, well, lebih tepatnya, 1 jutaan rupiah.

Harga Lenovo A2010 hanya Rp 1.299.000,-. Dua tahun lalu dengan budget tersebut kita hanya bisa dapat smartphone Android single-core processor layar 3 inci dengan fitur yang terbatas. Thanks to technology era, saat ini kita bisa menikmati smartphone murah berkualitas yang bisa meng-handle kebutuhan dasar standar smartphone. Seperti apa sih spesifikasi Lenovo A2010 yang menurut saya pantas masuk ke daftar smartphone murah terbaik ini.

Kita akan bahas spesifikasi Lenovo A2010 lebih detail satu persatu, sektor demi sektor. Jumlah kata artikel ini sekitar 1000 kata, bisa diselesaikan dalam waktu 1,5 – 3¬†menit ūüėÄ

Harga-Lenovo-A2010

Hardware (cukup) Tangguh

Sektor pertama yang perlu kita intip dari smartphone murah tentu saja, hardware-nya. Setangguh apa Lenovo A2010, cukup kah untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi. Let’s check it out.

Lenovo A2010 menggunakan chipset yang pada dasarnya tangguh dan layak untuk device harga 1,5  Р2 jutaan. Smartphone ini menggunakan MediaTek MT6735M dengan clockspeed yang (menurut justmuha) sengaja dibuat relatif rendah, 1.0 GHz. CPU tersebut merupakan 64-bit processor dan memiliki jumlah inti sebanyak 4 alias Quad-core. GPU yang tersemat adalah Mali-T720MP1.

Memory RAM yang dibawa sudah besar di kelasnya, 1 GB. Bahkan di sana masih banyak smartphone harga 2,5 jutaan yang juga menggunakan kapasitas RAM yang sama. Untuk penyimpanan data, A2010 dibekali 8 GB internal storage yang tentu saja mendukung ekspansi dengan microSD card hingga 32 GB.

Spesifikasi-Lenovo-A2010

Dengan specs di atas, Lenovo A2010 sudah bisa menjalankan berbagai jenis aplikasi dengan lancar. Sebut saja facebook, twitter, instagram, line, whatsapp, dsb. Sedangkan untuk gaming, GPU yang digunakan juga memiliki performa yang lumayan di kelasnya, cukup lah untuk menjalankan game-game populer selagi Anda menunggu sesuatu.

Hasil pengujian dengan benchmark AnTuTu, Lenovo A2010 mendapatkan score sekitar 20.600, that’s quite impressive untuk smartphone harga 1,3 juta rupiah. Sebagai perbandingan, smartphone harga 1,5¬†– 3 jutaan¬†yang umumnya menggunakan Snapdragon 410, score-nya berkisar di 20 ribu – 23 ribuan.

Desain-Lenovo-A2010

Baterai yang digunakan berkapasitas relatif standar untuk ukuran smartphone ini, 2000 mAh. Klaimnya, baterai ini memiliki daya tahan hingga 8.5 jam talktime 3G/4G. Tak terlalu spesial, tapi.. it’s quite okay.¬†

Dual Camera, Fixed Focus

Oke, kalau Anda tak cermat, judul sub “Fixed Focus” mungkin bisa terkesan sebuah kelebihan, but it’s not, well it is, but it’s not, but sometimes it is..¬†

Saya pernah memiliki smartphone murah beberapa tahun lalu dengan fitur kamera yang tidak dibekali autofocus, nyatanya, saya mensyukuri saja dan menikmati¬†kelebihan dari kamera fixed focus. Apa kelebihannya? Anda tak perlu susah-susah dan berlama-lama setting focus untuk mendapatkan detail gambar. Karena pasti focus, tapi….

Tapi, tentu saja kamera fixed focus seringnya lebih buruk dari kamera autofocus, buktinya.. mana ada smartphone harga 2 juta ke atas yang gak pake autofocus, ya kan?! ūüėÄ (tapi kayaknya belum ada loh yang kamera depan yang dibekali autofocus, atau mungkin justmuha aja yang gak tau)

Untuk mengambil objek yang memiliki banyak detail, kamera fixed focus akan mendapatkan hasil yang juga tidak begitu tajam hingga ke detail, tapi secara keseluruhan, hasil foto kamera fixed focus sudah bisa dinikmati, apalagi kalau hanya untuk social media.

Begitu juga dengan Lenovo A2010, kamera belakangnya menggunakan resolusi 5 MP dengan LED flash dan sekali lagi, tanpa autofocus. Kamera ini juga bisa merekam video hingga resolusi HD 720p. Sedangkan di bagian depan, kameranya resolusi 2 MP dengan resolusi video recording VGA.

Layar Cukup Baik

Ukuran diagonal 4.5-inch membuat Lenovo A2010 masih cukup nyaman dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Bezel body ke layar memang tidak¬†begitu tipis, namun lebar body 6,6 cm justmuha rasa masih relatif “normal”. Resolusi layar A2010 disebut-sebut rendah oleh beberapa media, namun menurut justmuha, WHAT do you expect from smartphone harga 1,3 juta. Resolusinya 480 x 854 piksel dengan jenis layar TN. Karena masih TN panel, sudut pandangnya tidak sebaik layar IPS. Jumlah multitouch juga relatif terbatas yakni hanya 2 point saja. Tapi keterbatasan tersebut¬†tidak kemudian menjadi kelemahan. Bagi pengguna biasa, 2 point touch sudah cukup.

Lenovo-A2010-Hitam-Depan-Belakang

OS yang digunakan Lenovo A2010 adalah Android Lollipop 5.1, saya tidak yakin akan ada update ke Marshmallow, tapi berharap saja. Tampilannya khas UI Lenovo.

Design & Body

Material yang digunakan pada cover belakang berjenis Polycarbonate, jadi tidak perlu berharap berlebihan pada kesan desain dan body Lenovo A2010.

Yang jelas, justmuha melihat build quality smartphone dan tablet Lenovo sangat baik, presisi, bahkan untuk jajaran produk yang berharga ratus ribuan di bawah 1 juta. Well done Lenovo! (yah, namanya juga pabrikan besar :D)

Lenovo-A2010-Putih-Depan-Belakang

Dimensinya 66.6 x 130.5 x 9.98 mm dengan bobot 137 g. Pilihan warnanya hanya ada dua, hitam dan putih.

Network & Connectivity

Sektor ini merupakan kelebihan lain dari Lenovo A2010. Smartphone ini mampu ‘menelan’ dua kartu SIM serta dibekali juga dengan jaringan 4G Network. Menimbang sudah banyak sekali promo internet 4G dari provider Telekomunikasi, justmuha rasa saat ini sudah seharusnya semua smartphone memiliki jaringan 4G LTE. Lenovo A2010 adalah satu dari sedikit pilihan smartphone 4G LTE termurah di pasaran.

Untuk Anda yang berada di daerah yang belum mendapatkan sinyal 4G, tentu smartphone ini juga dibekali jaringan 3G dengan HSPA+, dan 2G dengan EDGE dan GPRS.

Fitur konektivitas Lenovo A2010 relatif standar, sebut saja WiFi, Bluetooth v4.0, microUSB, FM Radio, dan GPS.

Lenovo-A2010-Spesifikasi-Foto-Samping

Alright.. itulah spesifikasi dan fitur-fitur Lenovo A2010, jika diambil intisarinya, Lenovo A2010 sudah dibekali dengan fitur yang relatif lengkap untuk smartphone harga 1 jutaan;

  • Quad-core Processor
  • RAM 1 GB, 8 GB Internal storage with microSD support
  • 4G LTE, Dual SIM
  • Dual Camera 5 MP & 2 MP
  • 2000 mAh Battery
  • WiFi, Bluetooth, GPS, Radio
  • Harga 1,2 – 1,3¬†jutaan rupiah

KESIMPULAN: Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Lenovo A2010, smartphone ini sangat layak untuk dipertimbangkan. Masalahnya cuma 1, ada rival-rivalnya yang berharga tidak terlalu jauh.

Setidaknya ada Samsung Galaxy J1 Ace, Lenovo A6000, Redmi 2, dan beberapa pilihan dari Acer. Galau?

Source, Ref

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *