Xiaomi adalah brand yang sering bikin galau. Gimana enggak, Xiaomi Mi9 saja sekarang sudah menyentuh harga 5 jutaan. Ini tentu saja termasuk banderol yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan specs yang diusung.

Mi adalah seri flagship. Begitu juga dengan Mi9, adalah ponsel flagship mereka, meskipun memang bukan yang termahal.

Dan kini, akan segera hadir Xiaomi Mi A3 yang membawa OS Android One!

Android One adalah satu hal dari kelebihan yang dimiliki Mi A3 dan alasan kenapa smartphone menengah Xiaomi ini layak ditunggu peluncurannya.

Masih membawa embel2 Mi, A3 ini dibekali fitur dan specs yang sangat memadai. Pendahulunya punya beberapa kekurangan, dan rumornya semua itu ditutup di Mi A3, termasuk Audio Jack dan ekspansi penyimpanan eksternal, rumornya!

Berapa kemungkinan harga Xiaomi Mi A3 2019?

Kelebihan Xiaomi Mi A3

Mi A2 sebagai gen yang digantikan, dulu dibanderol sekitar 3 jutaan rupiah untuk versi memory basic.

Dan saya cukup yakin banderol Mi A3 juga gak akan jauh dari 3 juta rupiah.

Sebagai perbandingan, Redmi Note 7 sekarang dibanderol mulai 2.2 jutaan, hingga mendekati 3 juta rupiah.

Jika Mi A3 dibanderol 3 jutaan, lalu di atasnya ada kelas semi-flagship harga 4 jutaan, maka harga Mi9 yang sudah menyentuh 5 jutaan bisa termasuk banderol yang terlalu murah. Perbedaan yang tak sampai 2 juta rupiah dari seri Mi A? hmm…

Dari bocoran, Xiaomi Mi A3 yang akan tersedia dalam pilihan warna Biru, Putih, dan Hitam ini, akan menggunakan layar ber-notch selebar 6.08 inch jenis AMOLED. Fingerprint sensor juga sudah di bawah layar, serta membawa kapasitas baterai yang cukup besar; 4030 mAh.

Sedangkan fitur kameranya juga kekinian banget, 48 MP di belakang dan 32 MP di depan. Tentu, kamera belakangnya datang sepaket dengan 3 lensa dan LED flash. Lensa Wide dan Tele sepertinya tersedia di situ, biasanya dengan resolusi lebih rendah.

Keunggulan Xiaomi Mi A3

Lalu penopang performanya dipercayakan pada chipset Snapdragon 665, bukan SD730 seperti rumor sebelumnya. SD665 ini sebenarnya cukup powerful, score AnTuTu benchmark berkisar 125 ribuan.

Ya, meski powerful, namun SD665 belum bisa mendekati Snapdragon 730. Bahkan lucunya, performa SD665 ini malah di bawah SD660. Mudah-mudahan pada real usage, performa Snapdragon 665 ini memuaskan ya.

Satu hal lagi yang saya pribadi berharap pada Mi A3 adalah kualitas videonya. Xiaomi Mi A2 terbukti bisa menghasilkan kualitas video 4K yang amat sangat baik di kelasnya, mungkin malah yang terbaik. Harusnya Mi A3 bisa memberikan lagi fitur unggulan ini.

Adapun keunggulan Mi A3 yang sesungguhnya, sebenarnya adalah Android One. Jika kita ingin ponsel yang mirip seperti aslinya (Pixel phones) maka Mi A3 adalah salah satu cara untuk menikmati the “untouched” Android OS. Update pun lebih cepat dibanding non Android One. Kita tunggu saja barangkali harga Mi A3 di Tanah Air nanti bisa 3 jutaan lebih dikit. Tentu menarik membandingkannya dengan Galaxy A50 yang berada di kisaran ini juga.

Source: https://www.gsmarena.com/xiaomi_mi_a3_specs_design_retail_box-news-38116.php

LEAVE A REPLY