Samsung adalah salah satu vendor yang getol ngurusin produk tablet. Satu lagi yang getol tentu saja Apple dengan jajaran iPad-nya.

Meskipun jumlah pengguna tablet segitu-gitu aja, namun pasarnya masih ada. Saya juga kalau ada uang nganggur mah pasti bakal nyomot iPad Pro satu, dan Tab A 8.0 satu. Atau dibalik; Galaxy Tab S6 satu, New iPad (basic) satu.

Nah, Galaxy Tab S6 2019 nih. Setelah sebelumnya Samsung meluncurkan Tab S5e dan dua Tab seri A terbaru mereka, ternyata Samsung melewatkan Tab S5 dan langsung ke Tab S6.

Samsung Galaxy Tab S6 dengan SPen

Kalau disuruh menebak alasan, saya sih ngiranya karena mereka gak mau kalau Tab S flagship mereka akan terasa jadul karena sudah ada Tab S5e yang meluncur. Ini soal persepsi saja. Apple juga melakukan hal yang mirip.

Anyway… Samsung Galaxy Tab S6 ini akan meluncur pada 7 Agustus nanti bersama the next gen of Galaxy Note.

pilihan warna Samsung Galaxy Tab S6

Seperti banyak ponsel dan tablet sebelum meluncur, kita simak dulu bocoran-bocorannya!

Secara desain, Galaxy Tab S6 ini mirip seperti Tab S5e. Namun Tab S6 akan dibekali Dual Camera di belakang (tanpa LED flash sepertinya), dan posisinya diletakkan di pojok atas. Resolusinya konon 13 + 5 MP. Lensa regular dan satu lagi lensa Wide.

bocoran Samsung Galaxy Tab S6

Di bawah kamera belakang adalah tempat nempelin S-Pen yang seperti kita ketahui, bentuknya lebih seperti pulpen beneran yang bikin jadi nyaman digenggam.

Seperti tablet flagship kekinian, Galaxy Tab S6 bakal dibekali 4 buah AKG-Tuned speakers yang diletakkan di bagian atas dan bawah tablet. Nice! Port USB tentu saja jenis Type-C. Namun sayangnya gak ada Audio Jack 3.5mm nih. Solusi untuk dapetin output Hi-Res ya mesti pakai adapter USB Type-C to 3.5mm jack, kalau sekedar menikmati musik atau video, sekarang sudah banyak earphone dan headphone bluetooth harga terjangkau.

Seperti Tab S4, Galaxy Tab S6 ini akan langsung ditawarkan pilihan aksesoris “wajib” nya. Keyboard adalah yang biasanya langsung di-bundle dalam paket penjualan, penurut para reviewer, Samsung cukup ahli bikin keyboard nyaman untuk tablet, lebih nyaman dibanding keyboard-nya iPad.

Samsung Galaxy Tab S6 smart keyboard

Lalu rumor lainnya adalah layar yang digunakan konon akan berdimensi 10.5 inch, walaupun saya pribadi berharap layarnya berukuran 11 inch macam iPad Pro. Sedangkan jeroan yang digunakan; Snapdragon 855!

Bocoran Tab S6 ini biasanya akan muncul lagi beberapa hari ke depan, akan diupdate di Muha Blog secara berkala.

UPDATES:

  • Baterai Samsung Galaxy Tab S6 ini menurut bocoran data, akan menggunakan kapasitas 6840 mAh dengan dukungan charging 15W.

Source: https://www.androidheadlines.com

Oh iya, soal harga, yang pasti di atas 10 juta rupiah. Prediksi saya; harga bundling yang sudah dengan keyboard dan S-Pen akan dijual pertama kali sekitar 13-14 jutaan, lalu stabil di angka 12 jutaan dan perlahan turun. Semoga gak lebih mahal dari itu, syukur2 bisa lebih murah. Kita tunggu saja kehadiran Samsung Galaxy Tab S6 2019 ini.

LEAVE A REPLY