7 Kelebihan Xiaomi Redmi 3

justmuha sangat mengantisipasi hadirnya Xiaomi Redmi 3 di Indonesia. Tahun lalu, Redmi 2 dirilis pada rentang bulan Maret – April 2015. Di tahun 2016 ini, berharap saja Redmi 3 diluncurkan pada Februari nanti.

Lalu apa alasan justmuha sangat menunggu hadirnya Redmi 3? Jawabannya mudah saja, smartphone ini adalah pembuat benchmark baru di kelas smartphone harga terjangkau. Lihat saja Xiaomi Redmi 1S, Redmi 2, kedua smartphone tsb memaksa vendor smartphone lain ikut menaikkan spesifikasi dengan harga yang tetap terjangkau.

Spesifikasi Redmi 3

Kali ini justmuha ingin menuliskan 7 kelebihan Redmi 3 yang membuat smartphone ini bisa menjadi salah satu smartphone terbaik harga 2 jutaan. Kenapa 7, ya biar keren aja sii.

Inilah 7 Kelebihan Xiaomi Redmi 3, versi jmc tentunya.

Kelebihan Redmi 3

1. Harga

Tadinya, saya mengira Redmi 3 ini akan dibandrol sedikit di atas 2 juta. Tapi berdasar info dari negara yang sudah melisting Redmi 3, kemungkinan harganya masih akan berada di kisaran 1,6 juta. Sangat terjangkau jika melihat rivalnya kebanyakan berada di kisaran 1,9 juta, Lenovo A6010 misalnya. Memang sih, A6010 bukanlah rival Redmi 3, karena kabarnya Lenovo akan meluncurkan Lenovo K4 Note untuk menghadang Redmi 3. Tapi, harga K4 Note ini juga berada di kisaran 2,4 jutaan. Jadi… tak taulah awak.. 

Harga dolar Xiaomi Redmi 3

Dari salah satu toko online yang ditunjuk resmi oleh Xiaomi untuk pasar internasional, tertera harga Redmi 3 ini berada di angka $159. Jika kita konversi ke rupiah dengan kurs Rp 13.500 saja per dolar, maka harga rupiahnya berkisar di Rp 2,15 jutaan. Sepertinya perkiraan jmc memang sudah benar dari awal bahwa Redmi 3 akan dijual dengan harga 2 juta rupiah lebih dikit. Dan kini rival Redmi 3 bukan lagi A6000 series melainkan A7000 series yang dilanjutkan dengan K4 Note. jmc cukup yakin kalau nanti di Indonesia K4 Note akan dinamakan A7010.

2. Baterai Besar

Hal yang paling menarik nomor 2 dari Redmi 3 adalah baterai. kapasitasnya 4100 mAh. Itu besar sekali brooo… Setidaknya jika kita bandingkan dengan umumnya smartphone 5 inci saat ini. Pengecualian untuk Lenovo P series. Dan oh ya, Redmi 3 juga kabarnya mendukung fast charging dengan charger berdaya output lebih besar.

3. Performa Mantap

Meski belum ada pengujian performa Redmi 3, namun setidaknya kita sudah bisa menebak seperti apa performanya. Komponen yang digunakan sudah masuk kelas menengah seperti penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 616 dengan GPU Adreno 405. Kapasitas RAM nya 2 GB, masih cukup lah untuk saat ini. Internal storage-nya 16 GB, standar sih, tapi Redmi 3 tetap memungkinkan untuk disisipi microSD card di slot SIM 2-nya. Jadi gak terlalu ada masalah jika kita ingin menyimpan file besar-besar. Yang masalah adalah, ketika Anda tetap ingin menggunakan dua kartu SIM tapi pengen pake microSD card juga.

4. Kamera

Fitur untuk mengabadikan moment di Redmi 3 kini lebih keren. kamera belakangnya beresolusi 13 MP dan sudah memiliki aperture f/2.0 yang artinya gambar akan lebih terang dan lebih ngebokeh untuk mengambil foto makro misalnya. Tentu Autofocus (phase detection) dan LED flash udah jadi standard features. Kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2. Kedua kamera tsb mampu merekam video hingga resolusi FHD 1080p.

5. Desain

Pilihan Warna Xiaomi Redmi 3

Redmi 3 menggunakan material lebih berkelas dengan metal dan motif cover belakangnya tampak sangat menarik. Well, bukan selera semua orang sih. Lalu, dengan komponen yang dimiliki, bobot Redmi 3 juga tergolong relatif ringan yakni 144 g. Lekukan tubuhnya juga menurut jmc sangat berkelas. Pilihan warnanya beragam, ada gold, classic gold, dark grey, dan silver. Gak tau dah masuk semua ke Indonesia apa nda.

6. Layar

karena judulnya 7, jadi mesti nambah nih dua nomor lagi. Layar Redmi 3 sebenernya biasa aja, tapi jika dibanding gen sebelumnya, maka layar ini relatif lebih baik. Ukurannya 5.0 inch dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel dan berjenis IPS LCD display. Dengan kerapatan piksel 294 ppi, bagi jmc itu udah lebih dari cukup untuk menikmati sajian konten baik tulisan, video, gambar, apalagi kalau hanya untuk chatting.

7. Fitur Printilan yang Lengkap

Ada yang gak tau artinya printilan? Seriously?

Xiaomi Redmi 3 InfoRedmi 3 seperti Redmi 2, memiliki fitur-fitur yang lengkap untuk harga yang dimiliki. Sensornya tersedia mulai Accelerometer, gyro, proximity, hingga compass. Lalu fitur network tentu saja sudah dibekali jaringan 4G LTE di samping 3G HSPA+ dan EDGE/GPRS. Kemudian fitur konektivitasnya juga tersedia Bluetooth v4.1, WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi hotspot, GPS, dan microUSB. Ada infrared juga sih. Sedangkan NFC mah terlalu mewah yah untuk smartphone terjangkau, jadi gak ada deh.

Nah, dari 7 kelebihan spesifikasi Redmi 3 di atas, akhirnya membuat jmc sedikit ragu tentang harga yang akan dibandrol oleh Xiaomi. 1,6 juta rupiah? Really? Tapi, apa sih yang gak kalo udah berurusan dengan Xiaomi. Setidaknya walaupun dibandrol di atas itu namun masih di bawah 2 juta, jmc masih menilai value for money-nya masih tinggi dan masih layak untuk dibeli.

Update: Dengan melihat data harga Redmi 3 di nomor 1, harga 2,2 misalnya, membuat semuanya masuk akal. Terlalu murah kalau dijual 1,5 jutaan. jmc pribadi berharap harganya cukup 2 juta saja, tak lebih :d Syukur-syukur bisa di bawah 2 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *